Senin, 18 Januari 2016

Permendikbud tentang Kurikulum SMA, KTSP, Ekstra Kurikuler, Pramuka, dan Peminatan

Permendikbud tentang Kurikulum SMA, KTSP, Ekstra Kurikuler, Pramuka, dan Peminatan

Permendikbud tentang Kurikulum SMA, KTSP, Ekstra Kurikuler, Pramuka, dan Peminatan
Melengkapi tulisan saya sebelumnya tentang Draft tentang Pembelajaran dan Pedoman Penilaian Hasil Belajar, berikut ini saya bagikan beberapa file permendikbud lainnya yang siap diluncurkan, terkait dengan implementasi Kurikulum 2013, diantaranya:
  • Permendikbud No. 57/2014 tentang Kurikulum SD
  • Permendikbud No. 58/2014 tentang Kurikulum SMP
  • Permendikbud No. 59/2014 tentang Kurikulum SMA
  • Permendikbud No. 60/2014 tentang Kurikulum SMK
  • Permendikbud No. 61/2014 tentang KTSP
  • Permendikbud No. 62/2014 tentang Kegiatan Ekstra Kurikuler
  • Permendikbud No. 63 /2014 tentang Kepramukaan
  • Permendikbud No. 64/2014 tentang Peminatan
Dari sejumlah “permendikbud siap luncur” ini, sesungguhnya saya sangat berharap untuk segera diluncurkan pula permendikbud yang mengatur tentang penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling. Di komputer saya, saat ini tersimpan beberapa draft mentah Permendikbud tentang Bimbingan dan Konseling, yang saya peroleh dari berbagai kegiatan pelatihan Kurikulum 2013. Jika draft ini benar-benar dapat disahkan sebagai landasan yuridis penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di sekolah, maka hal ini menjadi momentum bersejarah bagi perjalanan profesi Bimbingan dan Konseling di Indonesia. Untuk pertama kalinya Indonesia memiliki regulasi setingkat Peraturan Menteri yang secara khusus mengatur tentang penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling.
Tidak diketahui secara jelas, mengapa draft Permendikbud tentang Bimbingan dan Konseling ini tidak siap diluncurkan bersamaan dengan permendikbud di atas. Kendati demikian, saya berharap mudah-mudahan saja keterlambatan ini bukan karena persoalan tarik-menarik “madzhab” yang selama ini dirasakan sungguh sangat mengganggu implementasi layanan Bimbingan dan Konseling  di lapangan.
Kini saatnya merapatkan barisan untuk berfikir besar, berjiwa besar dan bertindak besar demi kemajuan profesi Bimbingan dan Konseling di Indonesia dan mari kita dukung untuk segera lahir Permendikbud tentang Bimbingan dan Konseling!
Bagi Anda yang ingin mengunduh file-file Permendikbud di atas, silahkan klik tautan di bawah ini:
Babatan, Kadugede, Kuningan Regency, West Java 45561, Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar